Beberapa Tempat Yang Indah Sekaligus Mistis di Banten

Bantenplus.co.id-Bila sedang jalan –jalan ke Banten pasti tak luput berkunjung ke pantai Anyer yang menjadi salah satu landmark propinsi ini. Banten yang berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Barat memang terkenal dengan obyek wisata alamnya seperti kawasan pantai dengan jejeran karang yang berdiri kokoh di terpa ombak. Saat musim liburan banyak pengunjung dari luar koa berduyun – duyun menghabiskan waktu plesiran ke Banten.

Tak ayal bila pamor Banten semakin dikenal dan mampu menjadi salah satu propinsi favorit untuk liburan. Beberapa pengunjung tersebut juga ada yang memilih untuk wisata religi dengan mengunjungi makam – makam ulama besar yang berhasil menyebarkan agama islam di Banten. Tak sedikit pula yang memilih liburan di Banten untuk berwisata horor yang mampu membuat sebagian orang ngeri sendiri dibuatnya. Bagi kamu yang tergolong orang – orang yang suka sekali dengan hal – hal berbau mistis ditambah melakukan uji nyali bersama tema –teman bisa nih merekomendasikan tempat – tempat angker di Banten ini

Rel Miring Anyer

Bila sedang berada di anyer banyak yang akan memilih untuk mengunjungi pantainya yang menawan. Sebelum menuju kawasan pantai Anyer ini kamu harus melewati sebuah rel kereta api yang miring. Area rel kereta api ini pula sering menjadi bahan perbincangan warga sekitar yang kemudian menyebar ke daerah lainnya. Di tempat ini sering sekali terjadi kecelakaan baik yang tunggal maupun beruntun

Para korban kecelakaan tersebut konon menjadi tumbal hantu satu mata yang menjadi penunggu lokasi tersebut. Kabarnya ada sosok misterius bertubuh tinggi besar dengan mata yang hanya berjumlah satu di area rel. Bila pengendara tak sengaja lewat sini mereka pun terkadang berucap lirih meminta izin untuk sekedar lewat kepada mbah setan merah yang merupakan julukan sosok misterius tersebut. Bila tak meminta izin maka ia akan dihantui dan akhirnya mengalami kecelakaan yang juga bisa merenggut nyawanya.

Pantai Karang Bolong

Selain pantai Anyer Banten rupanya memiliki obyek wisata pantai lain yang tak kalah indah yakni pantai karang bolong. Seperti namanya pantai ini memang memiliki karang besar yang tengahnya berlubang sehingga dinamakan karang bolong. Pantainya memiliki ombak yang cukup besar dengan bibir pantai yang dikelilingi pepohonan rindang.

Pantai yang berada di sisi kanan Jalan Raya Anyer ini hanya berjarak sekitar 50 km saja dari pusat kota Serang. Semula orang – orang menyebutnya dengan nama pantai karang suraga yang diambil dari nama pertapa yang menetap di pantai ini. ketika gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 salah satu karang disini pun jebol di bagian tengah yang kini dikenal dengan karang bolong.

Di sekitar pantai juga terdapat sebuah hotel dan villa yang bisa disewa dengan harga kisaran Rp.500.000 – Rp. 800. 000 per malamnya. Bagi yang hendak berkunjung ke lokasi ini menggunakan bus akan memakan biaya sekitar Rp.250.000. untuk memasuki kawasan pantai ini dikenakan tiket masuk sebesar Rp.5.000 per orangnya.

Kawasan pantai ini dianggap angker karena sering dijadikan lokasi pemanggilan jin yang dipercaya tinggal di Karang Bolong. Kamu juga akan menemukan beberapa sesajin yang ditaruh begitu saja di kawasan Karang Bolong sehingga jika berkunjung ke tempat ini jagalah sikap dan tutur katamu agar tak terjadi hal – hal yang tak diinginkan.

Gunung Pulosari

Tidak hanya kawasan pantai, hotel atau tempat umum saja yang bisa dijadikan tempat mahkluk halus berkumpul sebab gunung juga menjadi salah satu lokasi angker yang cukup ditakuti. Salah satu gunung yang ada di Banten dan cukup mistis bernama Gunung Pulosari. Gunung setinggi 1.346 meter ini tergolong gunung yang tidak aktif dan sering dijadikan sebagai lokasi pendakian

Beberapa pendaki pernah melihat sosok ocos yakni hewan atau benda jadi – jadian yang mendiami gunung tersebut. Ocos sendiri menyerupai bola api yang konon sering menuntun para pendaki untuk mencapai puncak pulosari. Konon pulosari merupakan sebuah desa kaya raya dengan hasil pertanian pisangnya namun sosok raja babi memporak – porandakan desa tersebut tanpa bekas.

Gunung Asuepan

Satu lagi gunung berbau mistis bernama gunung Asuepan yang memiliki ketinggian sekitar 1.174 meter. Gunung ini berjarak 18 km saja dari sebelah barat kota Pandeglang. Di puncak gunung ini terdapat sebuah makam yang dibalut kain putih yang dikeramatkan. Nama aseupan sendiri bermakna tempat menanak nasi yang terbuat dari anyaman bambu yang sering digunakan pada zaman dahulu. Bagi yang hendak mendaki gunung ini diwanti – wanti agar mampu menjaga sikap dan tutur kata selama pendakian.

Rute: Jakarta – Stasiun Rangkas Jaya (naik kereta dikenakan biaya tiket sebesar Rp.15.000) – Desa Sikulan (nyewa angkot kapasitas 10-15 orang Rp.700.000) perjalanan dari stasiun Rangkas Jaya ke desa Sikulan sekitar 2 jam.

Gunung Halimun

Gunung Halimun merupakan salah satu gunung yang melintasi beberapa kota yang berlainan propinsi yakni kawasan Sukabumi, kabupaten Lebak dan Bogor. Gunung Halimun berada berdampingan dengan gunung salak yang juga sering terjadi kecelakaan di gunung tersebut. Kabarnya gunung ini merupakan lokasi benteng–benteng gaib milik Prabu Siliwangi. Apabila pasukan Prabu Siliwangi sedang terdesak maka mereka akan lari ke gunung ini.

Konon yang melintasi di atas area mereka akan jatuh dan meninggal sehingga Gunung Halimun cukup dikeramatkan oleh orang – orang sekitar. Gunung yang memiliki ketinggian 1.925 meter di atas permukaan laut ini sering dijadikan lokasi pendakian para pencinta alam.

Gunung Karang

Gunung angker yang ada di Banten bukan itu saja, karena masih ada gunung karang yang setinggi 1.778 meter. Gunung karang merupakan gunung tertinggi yang ada di Banten dan menyimpan banyak benda pusaka. Di bagian puncaknya terdapat sebuah sumur yang dikenal dengan nama sumur tujuh dan memang dahulunya dikabarkan terdapat tujuh sumur di tempat itu. para peziarah pun kerap datang ke lokasi tersebut dan sesekali menemukan benda pusaka seperti batu akik dan pusaka lainnya

Tertarik untuk menguji nyali di tempat – tempat di atas? bila iya jangan lupa untuk mengontrol perkataan dan sikap kamu agar tidak terjadi hal – hal yang tak diinginkan. Persiapkan kamera untuk menangkap sosok – sosok gaib tersebut dan tidak lupa berdoa kepada yang kuasa agar selamat hingga tujuan. (Kri/net/red)


    Berita Terkait