BOP PAUD Sudah Bisa Dicairkan

Pandeglang, BantenPlus.co.id -  Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)  yang bersumber dari Hibah Dana Alokasi Khusus (DAK) non Fisik,  sudah bisa dicairkan. Hal ini terungkap saat Bupati Pandeglang Irna Narulita menyerahkan secara simbolis BOP PAUD tahun 2018,  bagi 3 lembaga PAUD, di Hotel Rizki Kadupinang, Rabu (17/10/18).

Penyerahan BOP PAUD secara simbolis diterima oleh Taman Kanak - Kanak (TK) Babunajah Kecamatan Menes sebesar Rp. 28, 8 juta,  TK Dharma Wanita   Kecamatan Sumur Rp. 30 juta,  Kober Bakti Anak Kecamatan Sobang Rp. 21 juta, dan Kober Tuhfatul Athfal Kecamatan Pandeglang Rp. 21,6 juta. 

Dalam kesempatan itu Bupati Irna Narulita mengatakan, bantuan ini memang tidak seberapa jika dibagi dengan banyaknya peserta didik yang dibina oleh para guru PAUD.

"Paling dapat 600 ribu per siswa dalam satu tahun. Kami tau itu tidak mungkin cukup, semoga para guru terus iklas dalam menjalankan tugas yang mulia ini sebagai para pendidik," kata Irna.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, peran guru PAUD sangat besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dikatakannya, tanggungjawab guru PAUD  itu sangat berat untuk mencetak generasi emas dimasa yang akan datang.

"Indonesia kedepan akan memiliki bonus demografi dimana angkatan kerja semuanya diusia produktif. Jadi kita harus mencetak generasi yang cerdas dan berkualitas, " ujarnya. 

Masih kata Bupati,  ia berharap para guru PAUD juga memiliki kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial.

"Semoga para peserta didik di Pandeglang memiliki ahlak yang baik dan berjiwa sosial yang tinggi," ungkapnya. 

Sementara Kadis Pendidikan Kabupaten Pandeglang Olis Solihin mengatakan,  jumlah Rp. 10,667 miliyar itu diperuntukan bagi  610 lembaga PAUD dari 814 lembaga yang diverifikasi,

"Yang mendapat bantuan ini yang lolos verifikasi, diantaranya memiliki Nilai Pokok Sekolah (NPS) , izin operasional,  akta notaris, dan jumlah siswanya mininal 12 orang maksimal 60 orang,"  kata Olis.

Masih kata Olis, dari jumlah BOP yang diberikan saat ini,  masing - masing PAUD akan menerima bantuan sesuai dengan jumlah siswa yang ada ditiap lembaga.

"Kalau besarannya tetap sama 600 /siswa, namun untuk jumlah keseluruhan yang diterima itu tergantung dari banyaknya siswa, " tandasnya. 

(Aldo)


    Berita Terkait