BPJS Kesehatan Gandeng Perusahaan Gulirkan Program Donasi JKN-KIS

SERANG - Program donasi Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  merupakan program yang melibatkan partisipasi masyarakat baik secara perseorangan, Badan Usaha atau Lembaga yang bertujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat dilingkungannya melalui kontribusi pendaftaran keluarga yang membutuhkan untuk didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS. 

Mulai 1 Mei 2018, PT internasional Budi Cemerlang dan PT. Terminal Kebutuhan Anda akan menyalurkan dana Corporate Social Resposibility (CSR)  untuk program JKN-KIS. 

Manager PT. Internasional Budi Cemerlang Elviati mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan penuh sekaligus komitmen perusahaan kami yang mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS. 

"Kami akan mendonasikan dana sosial perusahaan kepada 100 jiwa yang telah didaftarkan, dan merupakan komitmen perusahaan dalam menjalankan budaya gotong royong," ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Sofyeni  mengucapkan terima kasih atas saluran donasi dari PT.  Internasional Budi Cemerlang dan PT. Terminal Kebutuhan Anda.  Ia menuturkan, dengan program donasi ini, akan semakin banyak masyarakat terbantu dalam memperoleh jamainan kesehatan, dan dengan bergotong royong semuanya jadi tertolong. 

"Melalui Program Donasi JKN-KIS ini diharapakan dapat membantu peserta JKN-KIS yang kemampuan untuk membayar iurannya tergolong rendah dan tidak masuk dalam tanggungan Pemerintah," ujar Kepala BPJS Cabang Serang Sofyeni Dikantor BPJS Kesehatan, Cimuncang Kota Serang, Jumat (27/04/2018).

Ia menjelaskan, tujuan dari program ini bagi masyarakat adalah membangun kesadaran, keinginan dan juga kebanggaan masyarakat untuk mendaftar sekaligus berpartisipasi dalam program JKN -KIS.

"Dan sebagai strategi untuk mengakomodir partisipasi masyarakat dalam mempercepat rekrutmen sektor informal dan menjaga kontinuitas pembayaran iuran mereka," katanya. 

Dikatakan Sofyeni,  dalam kegiatan donasi ini, masyarakat sekitar yang didaftarkan adalah kepesertaan JKN-KIS dengan hak perawatan kelas 3. yang masing-masing peserta tersebut memiliki identitas peserta berupa kartu KIS yang bisa dimanfaatkan saat membutuhkan. 

"Kemudahan pembayaran iuran bagi masyarakat yang telah terdaftar dalam program JKN,  BPJS Kesehatan juga melakukan berbagai upaya untuk terus meningkatkan kemudahan pembayaran iuran kepada peserta diantaranya implementasi Kader JKN-KIS, Perluasan kerjasama dengan bank swasta, dan Bank Pemerintah Daerah (BPD)," jelasnya. 

Selain itu, bagi peserta PBPU yang masih memiliki tunggakan iuran dan merasa keberatan dalam melakukan pelunasan secara sekaligus, BPJS Kesehatan menawarkan 3 (tiga)  program sebagai alternatif solusi yakni Program menabung sehat, Program cicilan Di agen BNI 46 dan Program Angsuran Koperasi Nusantara. 

"BPJS Kesehatan senantiasa mengingatkan peserta yang menunggak untuk membayar iurannya baik secara langsung maupun melalui kader JKN," ucapnya. 

Ia menuturkan, dari banyaknya peserta yang berniat melunasi tunggakannya, namun ada sebagian peserta yang tidak bisa melunasi sekaligus.

"Melalui inovasi produk perbankan tabungan sehat, Cicilan Agen BNI 46 dan Anggsuran Koperasi Nusantara diharapkan dapat menjadi jawaban terkait permaslahan tersebut, sehingga peserta dapat melunasi tunggakan iuran dan mendapatkan pelayaan kesehatan tanpa ada hambatan," pungkasnya. (Aden/red)



    Berita Terkait