Dinas Pertanian Berikan Bantuan Benih Padi

bantenplus.co.id - Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas pertanian akan memberikan bantuan benih padi kepada para petani di beberapa wilayah yang tidak tercover Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang, Dadang Hermawan mengataka, bantuan benih padi tersebut akan disebarkan di beberapa wilayah Kabupaten Serang,  diantaranya Cikeusal, Tunjung teja, dan sebagian daerah Anyer. Buruknya cuaca saat ini, kata dia, membuat benih para petani banyak yang membusuk. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan bantuan cadangan benih bagi para petani yang tidak termasuk pada AUTP (asuransi usaha tani padi-red).

"Kami akan memberikan kepada kelompok petani setiap 25 hektare, namun untuk AUTP tidak diperbolehkan mendapat benih cadangan, karena mereka sudah memiliki asuransinya sendiri, untuk AUTP diberikan Rp 6 juta per hektare" tuturnya kepada wartawan kemarin.

Dadang berharap, kedepan cuaca bisa lebih mendukung sehingga membusuknya benih padi yang dimiliki para petani dapat menurun."Mudah-mudahan cuaca mendukung untuk semuanya jadi jumlah area yang membusuk tidak bertambah lagi," harapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga tengah menggalakan program Gerakan Gabah Petani. Program tersebut kata dia merupakan tugas dari Panglima TNI agar Kodim dan Dinas Pertanian Kabupaten Serang  terus bersinergi dalam rangka menggarap gabah petani.

" Target tahun kemaren yang sudah terealisai  42167 hektare, maret kedepan kita ada panen 37167 hektar diperkiran sekitar 200 ribu ton. Mudah-mudahan sebagian bisa di serap sebagai beras nasional," tutup Dadang.

(gita)


    Berita Terkait