DPT Pemilu Ditetapkan Sebanyak 905.447 Padaemilu 2019 di Pandeglang

Panndeglang, BantenPlus.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 sebanyak 905.447 pemilih dalam Rapat Pleno yang digelar di Hotel S Rizki, Pandeglang, Selasa (21/8/1018). Jumlah tersebut terdiri dari 462.912 pemilih laki-laki dan sebanyak 442.535 pemilih perempuan.

Hadir dalam kesempatan itu, Komisioner KPU Banten Agus Sutisna, lima komisioner Bawaslu Pandeglang, unsur Muspida, perwakilan 16 parpol di wilayah Pandeglang, dan anggota PPK se-Kabupaten Pandeglang.

Ketua Divisi Program dan Data (Prodat) KPU Pandeglang Andri Ausini mengatakan, data DPT itu didapatkan berdasarkan pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dari 35 PPK se-Kabupaten Pandeglang. Ditambah beberapa pemilih hasil masukan dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) ke beberapa PPK.

"Saat ini kami mempersiapkan DPT by name by adress untuk disampaikan ke Parpol, Bawaslu dan KPU Banten," katanya.

KPU Pandeglang, kata Andri, akan mempublikasikan DPT mulai 28 Agustus 2018.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Disdukcapil Pandeglang untuk memastikan warga yang belum memiliki e-KTP," tuturnya.

Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja'i mengatakan, DPT yang ditetapkan pada Selasa (21/8/2018) ada kenaikan sebesar 1.016 pemilih jika dibanding pada pleno DPSHP di KPU Pandeglang beberapa waktu yang lalu sebanyak 904.431 pemilih.

"Kita juga terus menyisir pemilih yang punya e-KTP atau belum melakukan perekaman yang nantinya masuk dalam DPK (Daftar Pemilih Khusus)," tuturnya.

Sementara itu, komisioner KPU Banten Agus Sutisna menyatakan, setidaknya ada tiga item dalam penyusunan DPT diantaranya komprehensif, akurat dan mutakhir.

" Komprehensif dijabarkan yakni DPT bisa mengcover warga pemilih, nama-nama pemilih terdata sesuai by name by adress. Sementara akurat diartikan datanya benar-benar sesuai, sedangkan mutakhir diharapkan bisa menciptakan spirit DPT yang berkualitas," imbuhnya.


(Aldo/KPUPDG)


    Berita Terkait