Enam Puskesmas Di Pandeglang Siap Jadi BLUD

PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang siap jadikan puskesmas dengan sistem badan layanan umum Daerah (BLUD). Namun, dari 36 Yang ada, 6 puskesmas siap jadikan project awal BLUD.

Ke 6 puskesmas tersebut diantaranya yaitu Puskesmas Saketi, Labuan, Panimbang, Cibaliung, Kaduhejo dan Cikesik. Sementara untuk 30 Puskesmas lainnya akan masuk pada project BLUD selanjutnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Ahmad Mursidi mengatakan , dari ke 6 puskesmas tersebut 4 diantaranya masuk kedalam Puskesmas tipe Perawatan dan 2 Puskesmas lainnya masuk kedalam tipe Non Perawatan.

" Rencana BLUD untuk Dinas Kesehatan alhamdulilah sudah digarap, insyallah rencananya untuk tahun ini kita akan garap 6 Puskesmas. 4 Puskesmas Perawatan dan 2 Puskesmas Non Perawatan,"kata Mursidi saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Rabu (12/06/19).

" 4 Puskesmas Perawatan tersebut yaitu, Puskesmas Saketi, Labuan Panimbang dan Cibaliung, sedangkan untuk 2 Puskesmas Non Perawatan antara lain Kadu Hejo dan Cikeusik,"tambahnya.

Mursidi menyampaikan, sebagai langkah awal untuk menuju BLUD pihaknya akan melaksanakan workshop dan pembinaan terhadap pegawai - pegawai Puskesmas tersebut.

" Dalam waktu dekat kita akan menggelar worshop beberapa Puskesmas dari yang 6 itu, mulai dari workshop dokumen tata kelola yang seperti dokumen anggaran dasar dan anggaran rumah tangga atau tata aturan BLUD, terus ada bimbingan rencana strategi bisnis dan setandar pelayanan minimal,"ungkapnya.

Lebih lanjut Mursidi menerangkan, dari beberapa poin materi yang akan di workshopkan tersebut nantinya akan di nilai oleh tim independen diluar dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.

" Dokumen - dokumen itu kalo sudah jadi nanti akan dinilai oleh tim yang akan dibentuk secara independen diluar Dinas Kesehatan, nanti itulah yang akan membantu Ibu Bupati untuk melakukan penilaian apabila dokumen sudah dinyatakan lengkap, dokumen itu juga yang akan menentukan puskesmas yang bersangkutan layak atau tidaknya untuk menjalankan rencana BLUD," terangnya.

Kemudian, tiga puluh Puskesmas yang belum siap BLUD akan direalisasikan pada tahun selanjutnya. Setelah project BLUD pertama Selesai. Mursidi juga berharap dengan adanya BLUD dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Pandeglang.

" Dengan adanya BLUD harapannya pelayanan kebutuhan obat, kebutuhan habis pakai apapun tidak lagi menempuh mekanisme yang panjang," harapnya. (Advertorial Dinkes Pandeglang)


Berita Terkait