Inilah 4 Benda Sakti Peninggalan Bungkarno

Benda-benda kesayangan para Tokoh besar Indonesia ini konon menyimpan aura mistis, keramat, kesaktian, bertuah dan hal-hal ghaib. Meskipun banyak orang yang beranggapan kalau benda yang dianggap sakti tersebut tak lebih hanya sekedar benda kesayangan sang pemiliknya saja. Inilah beberapa peninggalan benda yang diyakini memiliki kekuatan supranatural yang di mililki presiden pertama indonesia Ir.Sukarno

1. Peci Hitam Bung Karno

Sebagai orang Indonesia tentunya sudah sangat mengenal sosok Ir. Soekarno. Presiden pertama ndonesia yang memiliki nama sapaan Bung Karno ini ternyata diketahui memiliki beberapa benda kesayangan atau jimat yang tak pernah absen dari keberadaannya.Benda pertama yang dianggap sebagai jimat Bung Karno adalah peci. Sudah tidak asing lagi jika kita mengingat sosok Bung Karno yang selalu mengenakan pecinya. Bahkan peci sudah menjadi sebuah trademark tersendiri untuk Bung Karno

Selain menjadi salah satu benda kesayangan Bung Karno, konon peci yang selalu dikenakan Bung Karno sangat sakral. Kesakralannya pun dianggap sebagai jimat pembawa kebaikan. Namun, kesakralan ini juga dibantah oleh beberapa pihak. Yang ada hanyalah sebuah peci hitam kesayangan Bung Karno yang memiliki kisah unik di baliknya.

Awal cerita, Bung Karno melakukan perjalanan dinas ke Mesir dan disambut dengan sorakan ‘Ahmad Soekarno’. Beliau pun terheran dengan tambahan nama ‘Ahmad’ di depan namanya. Lalu, salah satu tokoh NU di eranya yang bernama Kiai Wahab memberikan komentar tentang hal ini. Beliau berpendapat bahwa peci Bung Karno telah mendapatan berkah yang melimpah. Sehingga saat berkunjung ke sana, Bung Karno mendapatkan nama ‘Ahman’ yang sangat indah terdengar di telinga.

2. Wesi Kuning Presiden Soekarno

Tak banyak orang-orang yang mengetahui tentang benda sakti Wesi Kuning milik Presiden Soekarno. Benda ini bentuknya sangat kecil sekali sebesar lidi dan mirip seperti buntut tawon, konon kemanapun presiden soekarno pergi ia selalu membawa benda ini di balik bajunya.

Tak main-main kesaktian Wesi Kuning dapat disamakan dengan Aji Lembu Sekilan yang pernah dimiliki oleh Adipati Menakjinggo, ketika ia melawan pasukan Majapahit untuk mengawini Ratu Majapahit Dewi Suh

3. Tongkat Komando Bung Karno

Tak hanya sampai di situ, ternyata ada benda lain dari Bung Karno yang dianggap memiliki nilai mistis. Kamu pasti kenal dong benda lain yang sering dibawa oleh Bung Karno. Ya, tongkat selalu ada brsama Bung Karno yang memiliki panjang sekitar 30 hingga 40 cm. Menurut desas-desus yang beredar, tongkat komando Bung Karno ini memiliki kekuatan sejenis magis.

Tongkat Komando ini seakan tidak pernah lepas dari cengkraman beliau. Pertama selalu digunakan saat kunjungan antar negara, kedua digunakan untuk berhadapan dengan para pemimpin atau para jenderalnya dan selalu dipakai saat berpidato, itulah sebabnya Bung Karno menjadi proklamator ulung.

Kayu yang dipakai untuk pembuatan Tongkat Komando bukanlah sembarang kayu tapi kayu yang diambil langsung dari kayu pucang kalak yang hanya didapatkan di Pegunungan Kalak, Ponorogo di wilayah utara Pacitan. Jenis kayu ini memang sudah lama khasiatnya sebagai benda-benda kanuragan. Jika ditaruh di atas air, maka bayangan kayu akan tampak seperti seekor ulang yang sedang berenang.

4. Tongkat monyet Bertuah

Benda pusaka peninggalan Soekarno yang terakhir adalah Tongkat Monyet. Pusaka andalan ini diperoleh Bung Karno semasa ia menjalani pengasingan paksa Belanda dulu di Ende, Flores. Bung Karno ditempat pengasingan selalu menghabiskan waktu untuk bertapa semedi di kawah Tiwy Ata Polo dan Tiwu Nua Muri Koo Faai.

Tongkat yang biasa digunakan untuk jalan-jalan di Kota Ende tersebut memiliki pahatan berbentuk monyet pada bagian kepala tongkat. Bila bertemu dengan penjajah Belanda, Soekarno biasanya memakai tongkat monyet untuk mengarahkan kepala tongkat ke arah muka mereka yang konon bisa menundukkan kerasnya hati para kompeni belanda. (ry/aneh/red)


    Berita Terkait