Jadikan Si Kecil Anda Menjadi Lebih Percaya Diri

bantenplus.com  - Sementara sebagian Anak memiliki sifat pemberani yang sangat menonjol dibandingkan teman-temannya, sebagian yang lain mungkin memiliki sifat yang pemalu dan kurang percaya diri saat bergaul bersama teman-temannya. Sifat pemalu dan kurang percaya diri ini, biasanya mulai kita sadari ketika si kecil mulai masuk usia pra-sekolah. Memiliki sifat pemalu dan kurang percaya diri ini tentu akan menjadi halangan tersendiri bagi anak kita untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya, Bunda.

Oleh sebab itu, sebelum sifat ini terbawa sampai ia dewasa kelak, ada baiknya jika Anda mulai menanamkan pola asuh yang tepat untuk membentuk pribadi si kecil menjadi seseorang yang pemberani dan percaya diri dalam hal yang baik. Seperti disebutkan dalam laman  www.todaysparent.com, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membentuk pribadi buah hati Anda menjadi pemberani dan lebih percaya diri. Simak, yuk.

Berikan Gambaran yang Positif
Rasa percaya diri tumbuh ketika anak merasa berharga dan dibanggakan oleh orang tuanya. Anda bisa membentuk pribadi si kecil menjadi seorang yang pemberani dan percaya diri dengan memberikan gambaran positif atas dirinya. Pujilah ketika ia melakukan hal-hal baik yang patut untuk dipuji. Dengan begitu, ia akan merasa lebih termotivasi dalam berbuat kebaikan. Tapi, perlu diingat, meski pujian sangat penting untuk membangunrasa percaya diri anak, bukan berarti Anda bisa memberikan pujian palsu yang sifatnya tidak tulus, ya.


Berikan Dorongan
Anak perlu distimulasi agar ia berani dan percaya diri untuk tampil di depan umum. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memberikannya dorongan untuk tampil menunjukkan kebolehannya di depan orang lain, lingkungan keluarga misalnya, sejak usia dini. Ini akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri anak terhadap dirinya sendiri, bahwa ia bisa dan mampu.


Tanamkan Disiplin
 Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana disiplin dapat memberikan pengaruh terhadap rasa percaya diri anak, ya? Segala sifat baik yang kita tanamkan dan contohkan pada si kecil akan memberikan pengaruh yang positif baginya, tak terkecuali disiplin. Ketika anak mampu disiplin dengan aturan yang telah Anda berikan kepadanya, hal ini secara otomatis akan memupuk rasa percaya pada dirinya sendiri, bahwa ia mampu bekerja dengan baik, bahkan dengan aturan yang telah Anda berikan kepadanya.


Jadilah Teman
Selain menjadi orang tua bagi si kecil, Anda juga harus mampu menjadi teman baginya. Hal ini akan membuka kesempatan bagi Anda untuk memupuk kedekatan dengan si kecil dan menanamkan hal-hal positif untuknya, menyemangatinya. Ketika ia merasa tidak mampu untuk melakukan sesuatu, Anda bisa menyemangatinya sebagai seorang teman sehingga ia mampu menemukan kembali rasa percaya dirinya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membentuk kepribadian si kecil menjadi seorang yang pemberani dan percaya diri. Yang terpenting dalam mengasuh anak dan membentuk kepribadiannya adalah, berikan contoh yang baik untuknya. Jika Anda mampu menjadi contoh, maka si kecil pun akan mampu bersikap seperti yang Anda harapkan. Semoga bermanfaat.






    Berita Terkait