Jangan Stres Mom, Lakukan Hal ini!

bantenplus.com - Moment pernikahan sudah kamu jalani, tapi masa – masa indah terindahmu masih terus berlangsung saat kamu akhirnya memiliki si buah hati. Untuk kamu yang pertama kali menjadi ibu, setiap moment pasti terasa sangat berbeda, perasaan bahagia sudah tentu kamu rasakan. Tapi seperti hal lainnya dalam hidup, memiliki buah hati juga berarti kamu siap menghadapi stress dan tanggung jawab yang mulai menyapa di kehidupanmu.

menghadapi-stress-1

Hal yang mungkin kamu rasakan sehabis melahirkan
Disaat kamu melihat si buah hati untuk pertama kali, kamu pasti akan lebih emosional dan juga luar biasa lelah. Kamu juga mengalami perubahan hormon yang lumayan drastis, ada kemungkinan kamu mengalami sindrom “Baby Blues”. Hal ini wajar terjadi dan biasanya akan bertahan selama paling tidak satu minggu setelah melahirkan.

Kamu juga akan sedikit merasa tidak nyaman akan rasa sakit setelah melahirkan, sakit punggung, sembelit dan bekas operasi untuk kamu yang melahirkan secara caesar. Disaat yang sama, kamu juga harus kehilangan banyak waktu tidur karena si buah hati butuh kamu untuk menyusuinya. Disaat seperti ini akan lebih baik bila kamu sama – sama membuat komitmen untuk bergantian mengurus si buah hati, karena baik kamu dan pasangan pasti sedang merasakan kelelahan yang luar biasa.

Perbedaan saat sebelum dan sesudah mempunyai bayi

Inilah saat dimana kehebatan mengatur waktu, emosi dan juga tenaga kamu benar – benar diandalkan, dear. Apalagi untuk kamu yang masih harus bekerja, kelelahan pasti membuat kamu malas bergerak dan bersiap – siap berangkat kantor. Belum lagi rutinitas pagi yang harus kamu lakukan supaya bisa meninggalkannya dengan tenang, dan rutinitas tanggung jawab ini akan terus menerus terjadi sampai ia berumur 2 atau 3 tahun.

menghadapi-stress-2

Bagaimana cara terbaik menghadapi stress?

Untuk minggu – minggu pertama, ini cara yang cukup efektif untuk menghadapi stress kamu :

Rilekskan Kakimu
Tanpa kamu duga, hari – hari mengurus bayi bisa terasa begitu panjang. Luangkanlah waktumu untuk berjalan – jalan bersama dengan si buah hati, selain olahraga, kamu bisa membebaskan diri dari stress dengan berbincang dengan orang – orang yang kamu temui di jalan. Ini juga bisa menjadi latihan sosial

Konsumsi Makanan Sehat
Bukan makanan yang membuat kamu bahagia tapi yang membuatmu sehat. Jangan ragu mengganti cemilan junk food kamu dengan buah – buahan atau cemilan sehat lainnya karena selain butuh energi ekstra, kamu juga perlu banyak tambahan nutrisi untuk kamu dan juga asupan bayimu.

Ketahui Batas
Pekerjaan rumah tangga memang tidak ada habisnya, itulah kenapa kamu dan pasangan perlu berbagi tugas. Secara fisik dan batin kamu masih teramat lelah, jadi berilah kepercayaan pada pasanganmu untuk meringankan bantuanmu.

Meski ingin mengurus anakmu sendiri, tidak ada salahnya loh untuk menerima bantuan dari orang lain. Menghadapi stress saat kamu baru saja memiliki seorang bayi jelas tidak bisa kamu lakukan seorang diri saja. Bersemangatlah karena tanpa kamu duga sebelumnya, banyak loh yang ingin membantu dan membahagiakan kamu dan si buah hati.





    Berita Terkait