Lomba Mancing Selat Sunda, Upaya Pemkab Serang Menggerakan Ekonomi Kelautan

SERANG, - Lomba Mancing Selat Sunda yang merupakan bagian dari rangkaian Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2018 sukses digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang Minggu (2/9/2018). Selain itu, animo masyarakat untuk mengikuti lomba tersebut sangat tinggi pasalnya, tidak hanya diikuti oleh masyarakat Kabupaten Serang melainkan juga diikuti oleh sejumlah pemancing dari luar daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, peserta lomba dilepas oleh Wakil Bupati Pandji Tirtayasa di Pelabuhan Paku, Kecamatan Anyar. Menurut Pandji, Kabupaten Serang memiliki potensi laut yang menjadi kekuatan ekonomi, sehingga pihaknya mendorong AKCF menjadi agenda tahunan. "Lomba mancing sendiri salah satu upaya kami menggerakan ekonomi sektor kelautan,” ujarnya.

Pandji menuturkan, melalui lomba mancing yang menjadi ikon AKCF, Pemkab Serang ingin mengajak wisatawan menikmati keragaman potensi di Anyer yang tidak hanya potensi pantai. "Panjang pantai di Kabupaten Serang sekira 60 kilometer, ini potensi wisata yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat. Melalui lomba mancing juga, kami ingin mendoron potensi itu, potensi wisata laut,” ujarnya.

Pandji berharap, melalui lomba mancing ini, dapat menjadi energi semangat bagi para nelayan. Karena menurutnya, nelayan harus terus dikembangkan karena menjadi salah satu profesi yang membantu perekonomian masyarakat secara umum. "Jangan sampai nelayan alih profesi," pungkasnya.


Dalam lomba mancing tersebut juga diisi oleh lomba perahu hias. Uniknya, tidak hanya perahu yang dihias, juga terdapat para perempuan yang bersolek layaknya bidadari yang ikut dalam perahu. 

Ditempat yang sama, Ketua Pelaksana AKCF, Agus Erwana menuturkan, beberapa event rangkaian AKCF telah dilakukan yakni Ngagurah Dano dan dan lomba mancing. "Anyer memiliki potensi wisata yang besar dan melalui  event ini bisa mendongkrak agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas,"  ujarnya.

Agus menambahkan, AKCF sudah  menjadi agenda rutin setiap tahun yang dilakukan Pemkab Serang dengan rangkaian kegiatan sebagai bahan sosialisasi diluar. "Setelah ini, juga akan adakan AKCF Expo di halaman Pendopo Kabupaten Serang yang akan menampilkan pameran pembangunan dan pagelaran kesenian," tandasnya. (Advertorial)


    Berita Terkait