Nikmat dan Lembutnya Kue Balok Menes Khas Pandeglang

bantenplus.co.id - Kue balok menes memiliki cita rasa khas. Kue olahan dari singkong atau ubi kayu ini sangat lembut di mulut. Jika Anda kenal dengan makanan tradisional getuk, itulah salah satu jenis getuk, tapi tetap mempertahankan warna asli singkong yang berwarna putih.


Nama "balok menes" diambil dari nama sebuah daerah daerah yaitu Menes. Menes merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Selain dikenal sebagai kawasan pendidikan, Kecamatan Menes juga terkenal dengan beberapa panganan tradisional salah satunya balok menes. Ketika Anda berkunjung ke Pandeglang, cobalah makanan khas ini.


Masih di Pandeglang, kue balok memiliki nama daerah lain yaitu gegetuk cioda. Gegetuk cioda untuk membedakan dengan kue getuk biasa berwarna cokelat campuran gula merah. Keduanya sama-sama makanan tradisional olahan singkong. Di beberapa wilayah, kue balok menes tetap dengan nama getuk.


Rasa kue balok menes masih kental aroma singkong. Tapi, Anda tidak benar-benar merasakan singkong. Aroma goreng bawang menjadikan makanan ini sangat nikmat. Kue balok menes ditambah campuran minyak kelapa membuat kue balok lumer di mulut. Bumbu lain yang menambah rasa kue ini yaitu serundeng. Serundeng berada di dalam kue balok yang dilipat. Saat menggigit kue balok, serundeng bisa Anda rasakan. Serundeng ini dibuat dengan beberapa campuran bumbu. Ada penyajian lain kue balok. Serundeng tidak dimasukkan tetapi hanya ditaburkan di bagian atas kue balok.


Kue balok menes mudah didapat. Pasar Menes yang terletak dekat Alun-alun Menes merupakan tempat yang tepat untuk berburu jajanan basah tradisional, salah satunya balok menes ini. Selain di Pasar Menes, pasar-pasar tradisional di Pandeglang juga banyak menyediakan panganan ini. Jadi, jika Anda berkunjung ke Pandeglang cobalah bertanya di mana kue ini bisa didapat.


Balok menes dibuat secara sederhana. Singkong yang telah direbus dan ditiriskan kemudian ditumbuk hingga halus. Biasanya, tempat menumbuk singkong ini tidak kalah tradisionalnya, yaitu dulang. Singkong halus ini merupakan bahan utama balok menes. Kemudian singkong halus dibentuk berupa lapis-lapis balok yang sebelumnya diisi dengan serundeng manis. Campuran mumbu bawang goreng dengan olesan minyak kelapa membuat balok menes sangat lembut dengan aroma khas percampuran singkong dan bawang.


Di Jawa Barat, Bandung dan sekitarnya, ada juga panganan tradisional dengan nama kue balok. Kue balok dari Bandung berbeda karena berbahan dasar tepung terigu dengan bentuk kotak segi empat. Kue balok menes tidak berbentuk balok, tapi lebih tepatnya berbentuk pipih dengan lipatan-lipatan yang pasti menggoda selera Anda. Selamat berburu kuliner tradisional.



    Berita Terkait