Pelayanan Kesehatan Menggunakan Kartu BPJS di RS Budi Asih Serang Dikeluhkan

SERANG - Pelayanan kesehatan menggunakan kartu BPJS Kesehatan di Rumah Sakil (RS) Budi Asih Serang dikeluhkan warga. Pasalnya, pihak rumah sakit dinilai tebang pilih terhadap penanganan pasien yang berobat menggunakan katu BPJS dengan jalur umum. 

Lulu Jamaludin, warga Kota Serang mengaku kecewa terhadap pelayanan yang diberikan pihak RS Budi Asih kepada dirinya lantaran ia berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Ia mengisahkan, pada Kamis, (08/11/2018) istrinya yang mengalami pendarahan berobat ke RS Budi Asih setelah mendapatkan rujukan dari faskes pertama. 

Namun sayangnya, setelah sampai di RS Budi Asih, pihak rumah sakit menolaknya dengan alasan dokter bedah untuk pengguna kartu BPJS kesehatan hari itu tidak masuk dan beralasan harus menunggu 4 hari kedepan.

Namun demikian, anehnya pihak rumah sakit mengaku untuk pasien yang berobat umum tidak ada batasan hari dan dokter alias dapat ditangani kapan saja. Mendengar pengakuan rumah sakit akhirnya istrinya pun pulang tanpa mendapatkan penanganan apapun. 

"Akhirnya istri saya pulang, karna BPJS tidak laku. Kemudian, setelah istri saya berhasil menghubungi saya. Akhirnya saya suruh istri saya pake umum. Sebab istri saya bukan sakit flu, panu atau kutil. Masalahnya ada pembuluh darah yang pecah (Pendarahan bukan kandungan)," tuturnya. 

"Dan akhirnya terpaksa saya pake umum. Alhamdulillah, sekarang istri saya sedang istirahat di rumah," tandasnya.

Menanggapi Hal tersebut,  Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung, Fachrurrazi mengaku kaget dengat hal tersebut. Ia menegaskan Hal tersebut sudah menyalahi aturan, karena tidak ada perbedaan penanganan dokter atau dokter khusus untuk pasien yang berobat menggunakan BPJS kesehatan atau umum

"Tidak betul itu, saya akan evaluasi PKS nya. Kita bisa putus (hubungan kontrak kerjasama-red). Kita akan peringati. Kami kontrak dengan RS/Klinik itu menyeluruh. Dan seharusnya pimpinan dapat mensosialisasikannya, jika itu pegawai baru," tegasnya. 

Ia juga meminta agar masyarakat yang mengalami kendala atau masalah saat  berobat menggunakan kartu BPJS dapat melaporkannya langsung. "Kalo ada yang gitu laporkan ke kami, nanti kami benahi. Itu menjadi PR kami, nanti kami akan ingatkan. Tidak ada perbedaan," pungkasnya. 

Hingga berita ini diturunkan wartawan belum bisa mendapatkan keterangan dari pihak rumah sakit.

(us/red)


    Berita Terkait