Perguruan Silat Terumbu Banten Menggelar Festival Pencak Silat Se-Kota Serang

bantenplus.co.id - SERANG - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Perguruan Silat Terumbu Banten yang Pertama,  untuk itu, Perguruan Silat Terumbu Banten menggelar Festival pencak silat antar Padepokan Se-Kota Serang di Aula SMAN 1 Kota Serang, Sabtu (30/12/2017).

Ketua Perguruan Silat Terumbu Provinsi Banten Yadi Sufiyadi mengatakan, Festival Pencak Silat antar perguruan Terumbu adalah sebagai salah satu perwujudan dari tanggung jawab pengurus Koorkot Terumbu Banten yaitu ajang silaturahmi untuk Padepokan Terumbu khususnya Kota Serang umumnya yang ada di Provinsi Banten. 

"Ternyata di Padepokan Terumbu banyak yang bagus-bagus seni silatnya,  kalau tidak di adakan festival ini, tidak akan ketahuan generasi penerusnya," katanya. 

Yadi memaparkan, kegiatan Festival Pencak Silat ini merupakan perwujudan program kerja yang ada di dalam PPSTB Koorkot Kota Serang, walaupun usia festival Pencak silat ini dibatasi tetapi ini adalah ajang silaturahmi untuk memperkenalkan Padepokan-padepokan yang ada di Kota Serang. 

"Dengan adanya festival ini saya berharap bukan hanya di Kota Serang saja,  kalo Kabupaten/Kota sudah terbentuk sehingga nanti bisa dijadikan di tingkat Provinsi, dan insya allah ke depan Festival Pencak Silat ini akan menjadi agenda tahunan," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Padepokan Terumbu Mumuh Muharam menambahkan,  Jumlah peserta Paguron yang terdaftar 187 peserta. dengan maksud Mengadakan silaturahmi antar padepokan se-Kota Serang,  yang sebelumnya punya agenda bawasannya pembinaan, jadi kita adakan Festival Pencak Silat yg diikuti total semuanya ada 200.

"Sebelumnya perencanaan awal 2 hari, bertepatan dengan ulang tahun Padepokan Terumbu Banten, tetapi banyak yang daftar membludak, dari Paguron Yang awalnya 54 sekarang 187, dari 18 Paguron," ungkapnya. 

Ia menjelaskan, Festival Pencak Silat ini Menampilkan seni bela diri saja, tidak ada pertarungan, yang berbeda dari IPSI dan Terumbu yakni dari rampak nya seperti rampak perorangan, rampak dada,  rampak berkelompok.

"Intinya kami memunculkan dulu padepokan-padepokan yang ada di Kota Serang berharap anak-anak semangat latihannya karena ada wadahnya, serta supaya mental percaya diri bisa terbentuk," ungkapnya.

Para peserta tentunya nanti akan memperebutkan tempat terbaik, dalam event lomba ini dan pasti bagi para pemenang akan mendapatkan berupa Trophy, Piagam/Sertifikat penghargaan serta Uang pembinaan. (Aden) 


    Berita Terkait