Peringati Hari Malaria Sedunia, Menkes Bagikan Jutaan Kelambu Gratis

PANDEGLANG,  - Puncak Peringatan pekan imunisasi dan hari malaria sedunia 2018, kali ini dipusatkan di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di shohibul barokah Desa Mandalasari Kecamatan Kaduhejo, Minggu (29/4/2018).

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F.Moeloek menyampaikan, bahwa pada tahun 2017 dan 2018 pihaknya telah membagikan secara gratis kurang lebih 2.824.450 buah kelambu anti nyamuk di 3 Provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan rincian Papua sebanyak 1.214.750, Papua Barat 485.700 dan NTT 1.124.000.

"Kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah dalam melakukan pencegahan Malaria, kami telah membagikan kelambu di 3 Provinsi KTI,” ujarnya.

Ia menuturkan, kegiatan bagi-bagi kelambu anti nyamuk tersebut bertujuan untuk menurunkan penularan malaria di daerah endemis malaria. Karena menurutnya, penggunaan kelambu anti nyamuk dinilai efektif dalam memberikan perlindungan pada masyarakat dari gigitan nyamuk Anopheles penular penyakit malaria.

Lebih lanjut menkes mengatakan, pihaknya juga telah melakukan pemantauan penggunaan kelambu anti nyamuk secara serentak di Provinsi tersebut yang di laksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 16 April 2018. "Pada tanggal 9 sampai 16 April 2018 pemantauan dilakukan dari rumah ke rumah penduduk oleh para kader kesehatan yang telah di berikan pelatihan,” tandasnya. 

Ditempat yang sama, Bupati Irna Narulita mengaku bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan menyambut baik peringatan pekan imunisasi dan hari malaria sedunia diselenggarakan di Pandeglang. "Hal ini tentunya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Pandeglang. Ini pertama kali di pandeglang. Saya ucapkan terimakasih kepada ibu menteri," tuturnya. (Amir/us/red)


    Berita Terkait