Tahun 2019, Pemkab Serang Perbaiki 4.490 RTLH

SERANG - Wakil Gubernur (Wagub) Banten, Andika Hazrumy berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk menambah alokasi dana program pembangunan RTLH secara berkelanjutan. Karena, masih banyak RTLH di delapan Kabupaten dan Kota yang belum tersentuh bantuan, khususnya di Kabupaten Serang.

Bantuan dari Pemprov Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) kepada Pemkab Serang untuk pembangunan RTLH pada Tahun 2019 hanya empat unit. Sedangkan, Pemerintah Pusat melalui APBN mencapai 400 rumah per-tahun. “Nanti tahun 2020 Kita berharap ada anggaran peningkatan secara signifikan untuk Kabupaten Serang,” ujar Andika usai menghadiri Rapat Paripurna Hari Jadi Kabupaten Serang ke-493 di Gedung DPRD Kabpaten Serang Selasa,(8/10/2019).

Ditanya berapa unit target untuk pembanguan RTLH di Kabupaten Serang, Andika mengatakan akan koordinasi dengan Bupati Serang. “Kita koordinasikan terlebih dahulu soal kebutuhan anggarannya agar Provinsi menunjang anggaran yang ada,” katanya.

Diketahui, Pemkab Serang sampai tahun 2019 telah membangun rumah tidak layak huni sebanyak 4.490 unit rumah dan komitmennya atas program tersebut akan terus dilaksanakan pada tahun yang akan datang sampai tuntas.

Tatu menilai, program pengentasan RTLH dapat mengurangi beban terutama dalam hal penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat yang miskin. Dengan harapan, tingkat kemiskinan di wilayah Kabupaten Serang akan semakin menurun. “Kami terus upayakan agar segera diselesaikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sumber anggaran perbaikan RTLH berasal dari APBN, APBD Banten, APBD Kabupaten Serang, infak ASN, dan Corporate Social Responsibility (CSR). “Semoga persmasalahan ini segera usai dan warga dapat rumah yang layak,” ujar Tatu.


Berita Terkait