Usai Lebaran Pemohon Kartu Pencaker Di Pandeglang Meningkat

PANDEGLANG - Animo pemohon AK/1 atau kartu pencari kerja meningkat usai idul Fitri 1440 H. Pemohon bisa mencapai 250 orang setiap harinya yang mendatangi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pandeglang guna peroleh kartu kerja tersebut.

Kepala Bidang Penempatan Kerja Pada Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kabupaten Pandeglang Dadun Kohar mengatakan, sampai dengan hari ketiga ini pencaker yang membuat Kartu sudah mencapai 750 orang, pemohon didominasi oleh muda-mudi yang berusia sekitar 24 tahun.

" Pembuatan AK/1 mengalami pelonjakan, dihari pertama saja terdapat 243 orang, itu satu hari kemudian di rata - ratakan sampai hari ini sekitar 750 orang yang membuat AK/1," kata Dadun, Rabu (12/06/19).

Dadun mengungkapkan, peningkatan pemohon AK/1 atau Kartu pencari kerja tersebut karna semakin banyaknya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Ia juga mengatakan, untuk saat ini ada 14 perusahaan yang sudah berkomunikasi dengan pihaknya, untuk memberikan peluang kepada para pencaker. "Hal ini mungkin karena ada lowongan pekerjaan, sehingga mereka membutuhkan AK/1 untuk melengkapi persyaratan,"ungkapnya.

Masih dikatakan Dadun berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh pihaknya, kebanyakan dari para pencaker tersebut mencari peluang pekerjaan diluar kota, seperti Jakarta, Bekasi dan Tangerang, kendati demikian kian pihaknya juga akan mengundang beberapa perusahaan untuk memberikan peluang kepada para pencaker yang akan mencari lowongan pekerja di Kabupaten Pandeglang.

" Kebanyakan dari mereka itu mencari peluang pekerjaan di luar kota, karna memang peluang untuk bersaing itu adanya diluar Kabupaten Pandeglang. Jika di presentasikan sekitar 80% pencaker mencari peluang keluar kota, tapi kita juga akan mengundang beberapa perusahaan untuk memenuhi peluang rekan - rekan kita yang membuat AK/1 untuk ikut berpartisifasi melemar pekerjaan di Pandeglang,"tandasnya. (Aldo)


Berita Terkait