Usia yang Tepat untuk Hamil Lagi

bantenplus.com  -- Usia seorang ibu merupakan salah satu faktor yang memengaruhi pilihan untuk memiliki bayi lagi. Mereka yang dikaruniai anak pertama di usia yang relatif muda, dianjurkan tidak terburu-buru untuk hamil kembali. Namun, wanita yang berusia 35, diperbolehkan memiliki anak kembali meski jaraknya terhitung pendek.

 

"Jika ibu adalah seorang wanita yang sehat, periode yang lebih singkat akan baik-baik saja. Namun, yang harus diperhatikan adalah memiliki seorang anak dengan jarak yang relatif singkat menyebabkan kehilangan nutrisi, anemia, dan depresi," kata Spesialis Interfitilitas asal Mumbai Dr Nandita Palshetkar dikutip Times of India.

 

Wanita dengan status gizi yang baik, hamil kembali setelah setahun melahirkan anak pertama pun tidak masalah. "Setelah mereka berhenti menyusui sekitar sembilan bulan sampai satu tahun, wanita tersebut dapat pulih dengan sendirinya," kata Nandita. Dia juga menyebut, wanita berusia lebih dari 35 dianjurkan untuk mengandung anak berikutnya sebelum cadangan ovarium mereka berkurang. Sehingga tidak menemukan kesulitan untuk hamil.

 

Nandita melanjutkan, lebih masuk akal lagi bila diberi celah maksimal tiga tahun, agar anak pertama memiliki keterikatan yang lebih besar dengan adiknya. Sebab, jika umur si adik terlalu jauh dari kakaknya, ada kecenderungan untuk satu dekat sama ibu dan satunya lagi dekat dengan ayah.

 

"Bagi mereka yang melakukan operasi caesar, usahakan lebih dari enam bulan agar bekas luka operasi caesar hilang dan terhindar dari komplikasi di kehamilan kedua," kata Nandita.

 

 

 


    Berita Terkait