Basarnas Banten : Keselamatan Pemudik, Jalur Laut Siapkan 4 Kapal

Basarnas Banten : Keselamatan Pemudik, Jalur Laut Siapkan 4 Kapal (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Basarnas Banten Muhamad Zaenal Arifin)

bantenplus.co.id - MERAK - Badan SAR Nasional (Basarnas)  Banten memastikan keselamatan untuk Pemudik yang akan menyebrang di perairan laut dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheuni Lampung.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Banten Muhamad Zaenal Arifin mengatakan, penjagaan arus mudik lebaran sesuai dengan visi dari Basarnas tentang keselamatan. Untuk itu, pihaknya menyiapkan alat utama yang dimiliki Basarnas jika terjadi insiden respon bisa cepat teratasi. 

"Penyediaan alat yang kita miliki salah satunya dengan ada KN Basudewa yang siaga untuk mengcover wilayah areal perairan yang berada di merak bakauheuni," katanya di Pelabuhan Merak Banten, Rabu (13/06/2018).

Ia menjelaskan, untuk jalur laut pihaknya menyediakan 4 kapal yakni KN Basudewa,  KN Rubada, RIP Lampung dan RIP Banten.

Selain itu, pihaknya menyediakan jalur udara, bekerjasama dengan TNI Angkatan Udara (AU), karena heli dari basarnas fokus di Cipali, dan Surabaya, di merak diperbantukan Heli dari Angkatan Udara HS 4203.

"Disiagakan dari H-4 Kemarin sampai H-1, setiap hari pihaknya melakukan pemantauan minimal 2 kali, yang trip pertama jam 10 pagi, manuver di merak flay ke bakauheuni kemudian kembali ke dermaga Indah kiat, sedangkan yang trip kedua untuk heli manuver di Merak lagi kemudian flay ke Bakauheuni, dari Lampung kembali ke pelabuhan Indah kiat," jelasnya

"Kita berpikirnya H-2 dan H-1 transportasi penyebrangan di merak di perkirakan Hari ini puncak tertinggi," tutupnya. (Aden) 

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS