BPJS Kesehatan Mudahkan Pelayanan Peserta JKN-KIS Lewat Faskes Tingkat Pertama

BPJS Kesehatan Mudahkan Pelayanan Peserta JKN-KIS Lewat Faskes Tingkat Pertama (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: BPJS Kesehatan Mudahkan Pelayanan Peserta JKN-KIS Lewat Faskes Tingkat Pertama)

bantenplus.co.id - SERANG-BPJS Kesehatan terus mengembangkan mitranya guna mengoptimalkan program yang telah di gagas pemerintah terutama di Provinsi Banten dalam mensejahterakan masyarakat di tingkat Kesehatan. 

Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap pelayanan Kesehatan menjadikan BPJS Kesehatan terus mensosialisasikan program JKN-KIS kepada seluruh lapisan masyarakat dengan harapan masyarakat dapat lebih memahami fungsi utama kepesertaan JKN-KIS. 

Dari 134,9 juta kunjungan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas, Dokter Praktik Perorangan, dan Klinik Pratama/Swasta) diharapkan masyarakat juga dapat lebih mengoptimalkan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebelum merujuk pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Salah satu faskes yang dapat dimanfaatkan pada  tingkat pertama, yaitu Klinik Family yang bertempat di Griya Lopang, Kota Serang. Berdiri sejak tahun 2013, Klinik Family kini menjadi salah satu faskes yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan yang juga memiliki fasilitas pelayanan persalinan terbaik bagi masyarakat Banten dengan berbasis pada fasilitas dan pelayanan yang ramah dan bersih, selain itu peserta JKN-KIS di FKTP dapat merasakan pelayanan Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif, Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, Pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pertama, Upaya penyembuhan terhadap efek samping kontrasepsi, termasuk penanganan komplikasi KB pasca persalinan dan Pelayanan promotif preventif.


Ditemui usai melayani persalinan, Bidan Susanti sebagai pemilik klinik Family ini mengatakan, perlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Untuk itu, dirinya selalu mengedepankan pelayanan untuk semua pasiennya.

"Jangan melihat orang dari luarnya, mau mampu atau tidak, kita samakan pelayanannya, karena penampilan sederhana belum tentu orang tidak mampu, begitupun sebaliknya, jadi kita tidak membedakan. Anak-anak bidan juga selalu saya terapkan untuk melayani siapa saja yang datang, orang mau bayar atau tidak, itu urusan saya, jadi tetap baiklah sama orang," ucap Bidan Santi kepada wartawan Bantenplus.co.id di ruangannya, Serang, Senin(10/7).

Ibu tiga anak ini juga menjelaskan, selain pelayanan yang diterapkan sebagai nilai unggul, dirinya juga memberikan fasilitas yang terbaik. Berjalan 5 tahun, Klinik Family telah melayani 600 pasien yang datang, meskipun hal itu belum mencapai target yang di tentukan, Bidan Santi bersyukur telah di percayai masyarakat untuk menangani persalinan hingga pasien luar Kota Serang. Meskipun Klinik Family ini sebagai klinik umum, namun mayoritas yang datang pasien persalinan. 

"Yang paling banyak datang kemari itu pasien persalinan, meskipun belum terlalu banyak, Alhamdulillah Bulan kemarin saja yang datang 68 orang," terangnya. 

Bermitra 2 tahun bersama BPJS Kesehatan, Santi mengaku banyak sekali manfaat yang di dapatkan, selain pasien puas dengan program JKN-KIS, pasien juga puas terhadap pelayanan yang diberikannya. 

Menurutnya, fasilitas yang di dapatkan dari keikutsertaannya sebagai peserta JKN-KIS dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Santi juga mengatakan, fasilitas pelayanan bagi peserta JKN-KIS tidak ada perbedaan dengan pasien umum lainnya. 

Lanjutnya, BPJS Kesehatan juga terus berupaya penuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pelayanan yang diberikan oleh faskes yang bermitra dengan BPJS Kesehatan dalam memberikan edukasi tentang pemeliharaan dan pola hidup sehat.

"Saya ingin maju bersama BPJS Kesehatan, karena sangat terasa manfaatnya, saya selalu mengedepankan pasien peserta JKN-KIS ataupun umum, jadi untuk masalah pembayaran itu belakangan, yang penting pelayanannya dulu, karena kita tidak membeda-bedakan selalu kita jelaskan bahwa semua sama, sama obatnya, sama makannya, dan sama senyumnya," jelas Santi. 

Seperti Peserta JKN-KIS asal Tanggul Kota Serang, Devi Apriani yang baru saja melahirkan anak pertamanya mengaku, mendaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak 3 tahun yang lalu. Dirinya bersyukur menggunakan JKN-KIS karena semua dilayani dengan dan tidak di beda-bedakan dengan pasien umum. 

"Selain Tempatnya bersih, terus juga pelayanannya baik banget, semua bidannya juga ramah, sabar, terus juga cepat tanggap," akunya.

Senada dengan Devi, peserta JKN-KIS asal Cilegon Sinta Kurniadewi ini juga mengatakan, sangat puas atas fasilitas dan pelayanan yang diberikan Klinik Family. "Awalnya saya direkomendasiin sama temen, kalo klinik Family ini sangat bagus pelayanannya, makanya saya kesini, ternyata bener, tidak hanya tempatnya yang bersih dan bikin nyaman, tetapi pelayanannya pun sangat memuaskan ditambah di cover oleh program JKN-KIS," Ujar Sinta.

Dengan memberikan pelayanan yang baik di FKTP, berdampak pada tumbuhnya rekomendasi dan pilihan dari para peserta untuk memilih FKTP yang berkualitas, dalam hal itu maka FKTP berkompetisi untuk memberikan pelayanan yang baik.


(Adv Bpjs Kesehatan).





BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS