Encop Sofia : Seharusnya Penerapan Upah Minimal Provinsi Berkordinasi Dengan Kabupaten / Kota

Encop Sofia : Seharusnya Penerapan Upah Minimal Provinsi Berkordinasi Dengan Kabupaten / Kota (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Encop Sofia : Seharusnya Penerapan Upah Minimal Provinsi Berkordinasi Dengan Kabupaten / Kota)

bantenplus.co.id - Serang, Komisi V DPRD Provinsi Banten lakukan kunjungan kerja ke SPN (Serikat Pekerja Nasional) Provinsi Banten guna membahas PERMEN no. 1 tahun 2017 tentang Struktur dan Skala upah, belum lama ini.

Encop Sofia, MA mengatakan bahwa dari kunjungan hari ini kami menampung keluhan dan usulan yang selama ini para buruh atau pekerja rasakan, ujarnya.

Struktur dan skala upah, selama ini menjadi masalah pelik didunia perburuhan (pekerja pabrik), menurut SPN harusnya ada anggaran untuk melakukan survei tingkat kelayakan hidup, contoh spesifiknya di Banten antara lebak dan tangerang beda tentunya, dan itu harus dijadikan dasar dalam menentukan upah minimum, sambung Encop.

Masih kata Encop, Standar upah minimal provinsi lebih kecil daripada upah minimal kabupaten kota, sehingga perusahan kebanyakan mengikuti upah minimal provinsi. Karena seharusnya penerapan upah minimal provinsi berkordinasi dengan kabupaten / kota dan berdasarkan hasil team survei sendiri tidak hanya berbasis data BPS,Karena data BPS tidak fokus pada ketentuan hidup layak yang diatur peraturan mentri tentang hidup layak, tukasnya.

Selain itu, lanjut Encop Undang-undang ketenagakerjaan hanya mengatur hak cuti melahirkan bagi pekerja perempuan, tetapi pekerja menuntut hak cuti juga pada pekerja lelaki karena yang dilahirkan kan anak bersama, tukasnya.

Sementara ini masih banyak perusahaan yang mempersulit cuti melahirkan, aturannya kan 1,5 bulan pra melahirkan dan 1,5 bulan pasca melahirkan tetapi masih ada perusahaan yang tidak memberikan ijin cuti sesuai aturan, dipersulit dan sebagainya, kami Komisi V akan berupaya untuk mencari solusi dan membicarakannya dengan perusahaan,Disnakertrans juga harus bertanggung jawab  ikut mendampingi dan memastikan tiap perusahaan yang ada di banten sudah menerapkan hal diatas, tutupnya.(Taty)

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS