Pemuda Lulusan S2 Ini Setia Mengabdi di Desa

Pemuda Lulusan S2 Ini Setia Mengabdi di Desa (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Copyright)
bantenplus - Membangun sebuah desa tak ubahnya dengan sebuah kota yang sama-sama butuh keseriusan. Adalah Desa Dermaji yang terletak di Banyumas, Jawa Tengah salah satu desa yang memiliki konsep terbilang modern.

Perkembangan Desa Dermaji tak bisa lepas dari peran sang Kepala Desa yakni Bayu Setyo Nugroho. Sudah 10 tahun dia menjabat sebagai kepala desa. Kini usianya menginjak 40 tahun, dan menurut UU Kepemudaan Bayu masih termasuk kategori pemuda.

"Sebetulnya saya juga sudah ke kota besar itu seperti Surabaya dan Semarang. Tapi saya lebih betah di sini karena lahir di sini," tutur Bayu mengawali cerita inspiratifnya dengan detikcom, Senin (29/6/2015).

Bayu sebenarnya sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S2 di Jurusan Administrasi Publik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Namun tetap tak menggoyahkan niat dia untuk mengabdi di desa.

"Lulus S2 juga sebenarnya baru tahun 2013. Sebenarnya sudah lama sih cita-cita mau selesaikan sekolah, tapi karena enggak punya duit makanya saya tunda dulu," kata Bayu.

Terlepas dari gelar akademik itu, Bayu memiliki visi yang besar untuk desanya. Dia ingin agar masyarakat Desa Dermaji tetap mempertahankan karakternya.

Ketekunannya mengabdikan diri ke desanya membuat masyarakat setempat sempat mendorong Bayu untuk jadi anggota dewan. Tetapi dia tak pernah menargetkan untuk menjadi anggota dewan.

"Untuk jadi kepala desa ini juga saya tidak pernah menargetkan. Hanya mengalir saja," sebut dia.

Pengabdian Bayu selama 10 tahun pun akhirnya bermuara pada perbaikan dan pengadaan infrastruktur hingga pembuatan website desa. Kini wajah baru terpampang pada desa yang terletak di ujung paling barat Kabupaten Banyumas tersebut.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS