Program RUTILAHU, Indah Kiat Serang Bangun Rumah Di Kragilan

Program RUTILAHU, Indah Kiat Serang Bangun Rumah Di Kragilan (Ilustrasi: Banten Plus) (foto: Foto Manajemen Humas Indah Kiat bersama Koramil dan Pemilik Rumah)

bantenplus.co.id - SERANG - Kebutuhan papan (rumah) merupakan kebutuhan yang sangat besar nilainya. Setiap orang memerlukan tempat tinggal untuk bertahan hidup. Namun sayangnya tak semua memiliki kebutuhan rumah tersebut, bahkan masih banyak orang-orang yang memiliki Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) terutama di daerah-daerah terpencil.

Khusus di Kabupaten Serang sendiri, ada sekitar 12.733 rumah yang tak layak untuk di tempati sehingga perlu menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah. Pada tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Serang telah mengeluarkan wacana program Bedah RUTILAHU dan mendapat dukungan dari perusahaan-perusahaan di Kabupaten Serang, salah satunya adalah Indah Kiat Serang yang membantu melalui program  Corporate Sosial Responsibility (CSR) untuk memberikan rumah yang layak untuk ditinggali.

Humas PT. Indah Kiat Serang Dani Kusuma mengatakan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) Kabupaten Serang juga telah ikut andil dalam program ini dan membangun 3 rumah di daerah Jawilan di tahun ini. Tentu angka ini bukanlah angka yang kecil, namun Indah Kiat Serang terus berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama di Kabupaten Serang secara konsisten dan berkesinambungan.

"Setelah berkontribusi dalam Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) dan berhasil membangun 2 rumah di tahun 2017 lalu, Tim Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP) kembali membangun RUTILAHU dengan Indah Kiat Serang di tahun 2018 ini yang direncanakan sebanyak 10 (sepuluh) rumah ," ujar Dani ditemui di kantornya, Jumat (06/07/2018).

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan, Kepala Desa dan Koramil setempat, tim CSR dapat menentukan titik pembangunan tepatnya di sekitar Perusahaan," tambahnya. 

Dani menjelaskan, Pada bulan puasa lalu, Indah Kiat Serang telah membangun 3 (tiga) rumah yang memperoleh Program Bedah RUTILAHU. Ketiga rumah tersebut yaitu Rumah Basri di Desa Sentul, Rumah Jafar dan Tarsana di Desa Undar Andir. Melalui kerjasama yang baik antara Perusahaan, Muspika dan Masyarakat Kragilan, pembangunan RUTILAHU dapat berjalan dengan lancar sehingga rumah yang aman dan nyaman dapat terealisasi.

"Pembangunn RUTILAHU, Dibantu oleh Koramil Kragilan, pembangunan yang dilakukan oleh petukang setempat ini dilakukan dalam target kerja selama 11 hari," paparnya. 

Sebelum menentukan lokasi, dikatakan Dani, tim CSR Indah Kiat Serang melakukan survei untuk mengetahui kondisi serta kelayakan tempat tinggalnya. Terlihat kondisi rumah sangat miris dan mengharukan, bahkan bisa dibilang sangat tidak layak untuk ditempati.

"Tidak tersedianya kamar mandi, tempat tidur yang beralaskan karpet, dinding yang terbuat dari bilik bambu hingga atap yang hanya ditutupi jerami pun tak luput dari perhatian tim CSR Indah Kiat Serang," terangnya.

Dani menuturkan, di bulan Juli ini, proses pembangunan RUTILAHU selanjutnya yaitu 2 (dua) rumah di daerah Tunjung Teja dan Cisait sedang dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan selesai dalam beberapa hari lagi. Ia berharap Dengan adanya Program RUTILAHU ini, semoga membantu meringankan beban masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya program RUTILAHU, dapat meringankan beban masyarakt, dalam mendapatkan rumah yang layak huni. Selain itu, diharapkan para penerima bantuan, dapat menjaga dan merawat rumah dengan baik sehingga dapat menjadi tempat tinggal yang nyaman dan tentram," pungkasnya. (den) 

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Tulis Komentar Dengan Bijak Sesuai dengan ToS