Tren pengembangan web 2021

2 min read

Tren pengembangan web mana yang akan mendominasi pada tahun 2021? Sebagai web developer atau wirausahawan, Anda perlu memahami jenis-jenis web development yang kemungkinan besar akan diminati di dunia digital di masa depan.

Perlu dicatat bahwa tren pengembangan web dapat berubah sewaktu-waktu. Dalam pengembangan web, ada tren desain yang mungkin berubah karena ketinggalan zaman atau karena tren baru yang lebih baik. Hal ini juga berlaku untuk metode pengembangan dan teknologi yang digunakan.

Bisnis mau tidak mau harus mengikuti tren pengembangan web agar situs web mereka tetap relevan

dan lebih kompetitif saat ini. Itu sebabnya kami telah mengumpulkan beberapa tren pengembangan web pada tahun 2021 di bawah ini.
(1) Desain web responsif

Saat ini, pengguna ponsel meningkat pesat. Maka tidak heran jika website yang dikembangkan harus menawarkan tampilan dan nuansa terbaik dalam versi mobile. Google bahkan memperkenalkan pengindeksan mobile-first untuk mendorong pengembang situs web mengembangkan situs web yang ramah seluler.

Desain web responsif lahir atas dasar ini dan berkembang pesat. Desain web responsif adalah tren pengembangan web yang memungkinkan situs web menyesuaikan tata letaknya secara otomatis agar sesuai dengan ukuran layar perangkat.

Untuk pengembang situs web, desain web responsif bermanfaat karena menghilangkan kebutuhan

untuk mengembangkan dua jenis situs web yang cocok untuk layar desktop dan seluler. Desain web responsif bermanfaat bagi pelanggan karena menghemat anggaran pengembangan web.

Tren responsive web design diharapkan menjadi favorit para pebisnis di masa depan. Baca juga ulasan kami tentang cara kerja web responsif untuk menambah informasi Anda.
(2) Aplikasi web progresif

Aplikasi web progresif, juga sering disingkat PWA, adalah tren yang relatif baru dalam pengembangan web, tetapi saat ini semakin penting. PWA juga terkait erat dengan desain web yang ramah seluler.

Pemilik situs web mencoba yang terbaik untuk membuat situs web mereka cocok untuk pengguna seluler mereka. Salah satunya adalah penyediaan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna saat berselancar di Internet di perangkat seluler. Salah satu fungsi yang dapat melakukan ini adalah PWA.

PWA pada dasarnya adalah aplikasi bawaan di situs web yang memungkinkan pengguna seluler

melihat semua konten melalui browser seluler tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Pemasangan sejumlah besar aplikasi tambahan membebani ruang penyimpanan perangkat seluler yang terbatas.
(3) Laman Seluler yang Dipercepat (AMP)

Accelerated Mobile Pages (AMP) bukanlah hal baru dalam dunia pengembangan web. Tren perkembangan web ini terus meningkat dari waktu ke waktu, apalagi dengan tren mobile yang semakin meningkat.

Bisnis online yang memiliki website tentunya tidak ingin kehilangan pelanggan hanya karena websitenya tidak dioptimalkan secara optimal untuk perangkat mobile. Untuk itulah, AMP hadir di tengah-tengah kita saat ini.

AMP adalah penyederhanaan situs web Anda. Sederhananya, website dengan desain yang kompleks dan kompleks disederhanakan dari segi desain dan konten dalam versi desktop sehingga dapat dioperasikan dengan sangat cepat. Semua ini agar pengguna ponsel dapat menjelajahi web dengan nyaman. Pengembang situs web terus fokus membangun AMP terbaik untuk situs web.
(4) pencarian suara

Pernahkah Anda menggunakan Siri, Alexa, atau Google Assistant? Cukup ucapkan “Hai Siri”, “Hai Google” atau “Hai Alexa” dan asisten cerdas siap membantu kebutuhan Anda. Misalnya, “Hai Siri, temukan restoran berikutnya”, asisten cerdas Siri dengan cepat menemukan restoran berikutnya.

Saat Anda ingin membuka aplikasi tertentu di perangkat Anda, cukup ucapkan “Hai Google, Buka YouTube” atau “Hai Google, Mainkan Maroon 5 di Spotify” dan asisten pintar akan langsung melakukan apa yang Anda minta.

Di atas adalah contoh pencarian / perintah suara. Alih-alih menggulir aplikasi secara manual, membuka aplikasi dan mengetik apa yang Anda cari, pencarian suara lebih nyaman dan lebih cepat. Diperkirakan tren pencarian suara ini akan menjadi tren pengembangan web di masa depan.

Pengembangan web modern juga dilengkapi dengan pencarian suara. Tujuan utamanya adalah membantu orang mendapatkan hasil maksimal dari pencarian suara dan memberikan pengalaman menjelajah terbaik. Teknologi AI juga akan menjadi kekuatan utama pencarian suara ini.

Lihat Juga :

https://www.suratkabar.id/
https://www.chip.co.id/
https://www.atursaja.com/
https://vncallcenter.com/
https://jadwalxxi.id/
https://jurubicara.id/
https://psyline.id/
https://liga-indonesia.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/